Bagaimana dengan perkembangan e-Commerce di Indonesia?. Mengingat Indonesia merupakan Negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar, bisa menjadi salah satu market (pasar) di dunia. Saat ini banyak sekali situs-situs e-Commerce di Indonesia yang menjual bebagai barang dan jasa yang bervariasi, mulai dari perbankan sampai dengan kerajinan tangan.
Ketika e-Commerce mulai bergulir, Indonesi tidak ketinggalan mengikuti trend ini. Beberapa pelaku bisnis di Indonesia mencoba membuka situs e-Commerce yang menyediakan pelayanan online, meskipun belum memuaskan karena palayanan belum sepenuhnya 24 jam, dan operator yang belum maksimal dalam melayani jawaban dan keluhan dari para konsumen. Saat ini pemahman pelaku bisnis dan masyarakat mengenai e-Commerce semakin bertambah, sehingga sekarang sudah banyak situs-situs e-Commerce Indonesia mulai tumbuh di dunia maya.
Tetapi dalam penerapan e-Commerce di Indonesia, masih ada beberapa kendala yaitu masih banyaknya masyarakat Indonesia yang pemahamannya masih kurang dalam dunia teknologi dan informasi, krisis ekonomi dan lemahnya ekonomi masyarakat, ancaman virus dan program-program pengganggu lainya, ketegasan peraturan dan perundang-undangan, krisis ekonomi dan lemahnya daya beli masyarakat, masih banyak penduduk berpendidikan rendah, serta mahalnya infrastruktur jaringan.
Leave a comment